Cara Ternak Semut Rangrang Di Media Toples

Diposting pada

Anekabudidaya.Com – Apakah kamu telah memahami terkait denan cara berternak semut rangrang dengan media toples, Jika kamu belum pernah mendengar atau masih awam maka di artikel ini akan membahas terkait dengan cara berternak semut rangrang dengan media toples. Semut rangrang atau memiliki nama yang lebih dikenal masyarakat luas dengan sebutan nama kroto.

Seperti cara berternak kroto dengan menggunakan metode lain, cara berternak semut rangrang dengan media toples merupakan salah satu yang dianjurkan. Bahkan memakai media toples akan memperoleh hasil panen yang lebih berlimpah daripada kroto yang di ternakan dengan secara alami dengan menggunakan media sarang semut.

Jika kamu mau berternak Semut rangrang denan media toples tapi kamu belum mengerti dengan tata caranya, maka kmu dapat mengikuti dengan langkah apa saja cara berternak semut rangrang dengan media toples adalah sebagi berikut ini.

Berternak Semut Rangrang Dengan Media Toples


Cara Ternak Semut Rangrang Di Media Toples

Berikut ini merupakan langkah-langkah dari persiapan dalam tatacara berternak semut rangrang dengan menggunakan media toples:

1. Mempersiapkan Bibit Semut Rangrang

Mempersiapkan Bibit Semut Rangrang

Pastinya dalam mempersiapkan bibit semut rangrang adalah suatu tahapan awal dalam berternak kroto atau semut rangrang ini. Ini adalah bagian yang paling wajib. Diman dengan jumlah bibit yang baik dan akan berkembang biak tentunya akan menjadi tolak keberhasilan dalam jumlah pada saat akan panen yang siperoleh. Umumnya dari berbagai macam pengalaman, bibit kroto atau semut rangrang yang diperoleh dari alam akan mendapatkan lebih banyak daripada yang didapat dari pertenakan kroto secara umum.

Karena bibit kroto yang diperoleh dari alam mempunyai beberapa keunggulan seperti menyukai dengan segala jenis macam makanan dan lebih berkualitas. Sedangkan bibit yang dipeoleh dari sebuah perternakan akan lebih cenderung dalam menentukan maknan yang akan mereka konsumsi. Berikut ini merupakan cara mencari bibit semut rangrang di alam bebas yang berkualitas:

  • Dapat di cari area sekitaran rumah umumnya semut rangrang dapat meletakan bibitnya di area pohon mahoni atau mangga yang banyak sekali bibit disana.
  • Ketika kamu akan mengambil sarang semut rangrang kamu perlu extra lebih berhati-hati supaya tidak merusak sarang semut rangrang.
  • Supaya semut rangrang tersebut nantinya tidak akan mengalami masalah seperti stress dan akhirnya akan pergi atau mati maka kamu dapat meletakan terlebih dahulu di tempat yang terbuka dari sarangnya.
  • Berikutnya jika kamu tidak ingin repot dan menginginkan dengan cara simpel maka kamu dapat secara langsung saja membeli bibit pada peternak kroto yang sudah manyak di jual.
Baca Juga  Cara Merawat Anjing

2. Membuat Sarang Semut Rangrang Dengan Toples

Membuat Sarang Semut Rangrang Dengan Toples

Hal yang perlu langsung dikerjakan setelah memperoleh bibit semut di sarang semut rangrang adalah dengan mebuat sarang dengan media toples tersebut. Memakai sebuah toples plastik dengan berukuran sedang dan masih mempunyai tutup yang masih utuh, ini dikarenakan kemudahan dalam masalah saat akan panen nantinya. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam persiapan sarang toples tersebut:

  • Kamu dapat siapkan toples dengan ukuran yang sedang yang akan dijadikan sebagi media sarang dari semut rangrang. Buatlah lubang pada bagian toples pada bagian bawah dan ukuran diameter dari lubang tersebut adalah sebesar 6 sampai 8 cm.
  • Selanjutnya setelah masa proses pengelubangan toples selesai maka berikutnya toples harus ditutup kembali dan gunakan lakban supaya dapa ditutup secara baik dan benar.
  • Supaya semut tidak dapat keluar maka setelah kamu sudah memasukan semut sarang beserta dengan semut rangrang kedalam toples maka kamu dapat tutup dengan rapat dengan menggunakan sebuah lakban.
  • Selanjutnya kamu bisa menyiapkan sebuah nampan yang alasnya datar dan diisi dengan menggunakan air hingga air sampai setengah dari ketinggian dari nampan dan letakan batu bata di daerah tengah nampan dan letakan toples tersebut diatas batu bata yang diletakan sebelumnya.
  • Pemberian air ini tentunya mempunyai banayak manfaat tersendiri dimana nantinya semut rangrang tidak akan tertukar dan makanan nya tidak akan diambil oleh semut lain serta dapat memastikan semut rangrang tidak alan kabur dari sarangnya.
  • Lakukan dalam penyusunan seperti sebuah susunan rak terbuka jika kamu memakai banyak toples untuk berternak semut rangrang dimedia tersebut.

3. Proses Pemberian Pakan Semut Rangrang

Proses Pemberian Pakan Semut Rangrang

Setelah semua dalam persiapan tentang semua masalah terkait dengan sarang dan bibit kroto sudah selesai maka hal yang wajib lainnya adalah dengan prosesi pemberian makan dan juga cara dalam perawatan harian untuk semut rangrang. Makanan yang wajib untuk diberikan adalah pakan jenis serangga yang telah matikan terlebih dahulu. Maka kamu dapat saja meberikan pakan berupa kecoa, ulat hongkong, jangkrik dan belalang yang sudah mati. Berikan pakan kepada semut rangrang sebanyak 2 kali dalam setiap harinya sehingga keadaan semut rangrang akan selalu sehat terus.

Baca Juga  Cara Ternak Bebek Potong Agar Cepat Besar

Pastinya dalam pemberian pakan dalam 2 kali sehari itu sesudah pakan sebelumnya akan habis. Jika kamu inginmemberikan suatu nutrisi yang lebih atau seperti dengan supplemen maka kamu dapat berikan saja berupa madu dan larutan gula. Dimana kamu dapat meberikan sebuah nutrisi di sebuah wadah yang tidak melengkung atau datar ini bertujuan supaya sarang semut rangrang tidak menjadi kotor nantinya. Kamu dapat meletakan pakan diluar sarang semut rangrang. Langkah dalam perawtaan semut rangrang yang baik dan benar adalah sebagai berikut :

  • Jauhkan sarang semut rangrang tersebut dari beragam jenis pemangsa lainnya yang dapat saja akan mengincar dan memangsa semut rangrang pada setiap waktunya. Sebenarnya penangkalan untuk predator sudah dilakukan dari tahpan awal dalam berternak semut rangrang tersebut dimana kamu harus meberikan batasan air didalam nampan datar. Hanya saja beberapa tindakan pencegahan berikutnya juga perlu seperti meberikan dengan menggunkan kapur semut di area sekitaran sarang semut rangrang dan juga jauhkan sarang semut rangrang atau nampan dan toples tersebut dari jangkauan tokek maupun cicak yang akan memangsa semut rangrang.
  • Letakan toples atau sarang tersebut di dalam sebuah ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang stabil seperti fentilasi. Sampai adanya panas yang berlebihan dan perubahan suhu ruangan yang tidak mebuat semut rangrang menjadi berusaha kabur atau bahkan mati sebelum saat panen.
  • Jangan biarkan semut sarang berada di daerah terbuka. Atau jangan biarkan terkena hujan atau angin yang cukup kencang. Letakandi dalam ruangan yang tertutup yang aman dari serangan predator manapun.

4. Proses Panen Kroto

Proses Panen Kroto

ketika peternakan semut rangrang kamu telah menuaikan hasil dalam jumlah yang dangat banyak dan relatif stabil maka proses dalam pemanenan sudah dapat dilakukan oleh kamu.

  • Proses panen dari semut rangrang didalam toples ini umumnya akan dilakukan pada saat semut rangrang tersebut sudah mencapai usia 4 sampai 6 bulan sehingga proses dalam pemanenan dapat dilanjutkan oleh kamu.
  • Walaupun sebelum usia 4 bulan sudah mendapatkan hasil yang berlimpah dan relatif stabil, namun ada baiknya proses dalam panen harus tetap di umur 4 sampai 6 bulan supaya nantinya tidak akan menganggu siklus dan mebiarkan semut rangrang akan tetap optimal dalam siklus peternakan berikutnya.
  • Umumnya diperlukan dalam selang waktu 15 sampai 20 hari semenjak proses panen pertrama berlangsung ke panen berikutnya. Ini merupakan suatu siklus yang cukup aman yang biasanya terjadi pada semut rangrang.
  • Siapkan wadah yang kan di panen berupa nampan datar yang kering dan bersih. Maka kamu dapat tuangkan isi dalam toples kedalam wadah tersebut sesuai dengan ukuran wadah yang kamu sediakan.
  • Kamu perlu lebih cepat untuk dapat memisahkan semut rangrang dengan kroto tersebut sampai semut dan kroto dapat terpisah dengan baik.
  • Biasanya sebuah sarang semut rangrang didalam toples sedang akan mendapatkan hasil panen sekitar 1 sampai 2 ons kroto.
  • Supaya tidak terkena oleh gigitan semut rangrang maka baiknya kamu menggunakan pelindung tangan seperti sarung tangan plastik dan lain sebagainya.
  • Setelah kamu telah memisahkan kroto dengan semut rangrang nya maka tahap berikutnya kamu dapat masukan lagi semut tersebut kedalam toples untuk diternakan berikutnya. karena semut rangrang masih dapat digunakan dalam menghasilkan kroto
Baca Juga  Cara Merawat Anak Kucing

5. Kendala Ternak Semut Rangrang

Ada beberapa macam hal yang terkadang suka dikeluhkan dalam kendala yang dialami oleh para peternakan kroto atau semut rangrang jenis ini adalah sebagai berikut:

  • Peternak akan terasa sangat lambat atau bahkan tidak dapat memperoleh apa-apa jika tidak memakai bibit yang berkualitas baik.
  • Dalam mencegah gagalnya panen kamu harus mendapatkan bibit yang unggul supaya hasil jerih payah kamu tidak akan sia-sia begitu saja.
  • Jika kamu tidak menggunakan bibit unggul akan di khawatirkan kamu akan mengalami gagal panen karena bisa saja semut rangrang akan mati secara bertahap bahkan bisa secara serentak.

Itulah yang dapat saya sampaikan terkait dengan Cara Ternak Semut Rangrang Dengan Media Toples semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berternak Semut Rangrang Dengan Media Toples dengan mendulang pundi-pundi dalam berternak Semut Rangrang Dengan Media Toples. itu saja yang dapat saya sampaikan sekian dan terimakasih.


Baca Artikel Lainnya :